Rabu, 24 Juni 2015

Pendekatan Psikologi dalam Menumbuhkan Motivasi Belajar

1.      Pendekatan Inkuiri
Kata inkuiri berarti menyelidiki dengan cara mencari informasi dan melakukan pertanyaan –pertanyaan. Dengan pendekatan inkuiri siswa dimotivasi untuk aktif  berfikir, melibatkan diri dalam kegiatan dan mampu menyelesaikan tugas sendiri baik tampa bimbingan guru maupun melalui bimbingan guru. Bimbingan guru dalam inkuiri berupa langkah kerja
Inkuiri berasal dari bahasa Inggris Inquiry yang dapat diartikan sebagai proses bertanya dan mencari jawaban terhadap pertanyaan ilmiyah yang diajukannya. Pertanyaan ilmiah adalah pertanyaan yang dapat mengarahkan pada kegiatan penyelidikan terhadap objek pertanyaan sehingga dapat menemukan jawaban dari pertanyaan tersebut. Jadi inkuiri adalah, suatu proses untuk memperoleh dan mendapatkan informasi dengan melakukan observasi dan atau eksperimen untuk mencari jawaban atau memecahkan masalah terhadap pertanyaan atau rumusan masalah dengan menggunakan kemampuan berfikir kritis dan logis.[1]
2.      Manfaat penggunaan pendekatan Inkuiri
Pendekatan inkuiri dalam penggunannya dalam prosespembelajaran memiliki beberapa manfaat :
a.       Mendorong siswa untuk berfikir dan bekerja atas inisiatifnya sendiri.
b.      Menciptakan suasana belajar yang yang mendukung yang berpusat pada siswa
c.       Membantu siswa mengembangkan konsep  diri yang positif
d.      Meningkatkan pengharapan sehingga siswa mengembangkan ide untuk menyelesaikan tugas dengan idenya sendiri
e.       Mengembangkan bakat individual secara optimal
f.        Menghindarkan siswa dari cara belajar menghafal[2]
3.      Jenis-jenis pendekatan inkuiri
Pendekatan inkuiri dalam proses pembelajarannya dapat digolongkan menjadi dua:
a.       Pendekatan inkuiri terpimpin, yaitu pendekatan inkuiri yang disertai bimbingan dari guru namun hanya seperlunya, biasanya bimbingan tersebut dalam bentuk pertanyaan-pertanyaan yang mengarahkan siswa dalam pembelajaran. Langkah-langkah pembelajaran disusun secara sistematis, agar terjadi proses belajar yang efisien.
b.      Pendekatan inkuiri bebas, yaitu pendekatan inkuiri yang masalah dan penyelidikannya timbul dan dilaksanakan oleh anak sendiri tampa bantuan guru.[3]
4.      Kelebihan dan kelemahan pendekatan inkuiri
Pendekatan inkuiri memiliki kelebihan:
a.       Pembelajaran berpusat pada siswa, psikologi belajar mengatakan bahwa makin besar dan makin sering keterlibatan siswa dalam belajar maka makin besar pula pengalaman proses belajarnya
b.      Dapat membentuk self concept (konsep diri) sehingga terbuka terhadap pengalaman –pengalaman baru, lebih kreatif, berkeinginan untuk selalu mengammbil kesempatan yang ada dan pada umumnya memiliki mental yang kuat
c.       Tingkat pengharapan bertamabah,  yaitu ada kepercayaan diri dan ide terentu sehingga mampu menyelesaikan tugas dengan caranya sendiri
d.      Pengembangan bakat dan kecakapan hidup
e.       Memberikan waktu kepada siswa untuk mengasimilasi dan mengakomodasi informasi
f.        Dapat menghindarkan siswa dari cara-cara belajar yang monoton
Kelebihan yang dimiliki oleh suatu pendekatan, akan diiringi pula oleh kelemahan dari pendekatan tersebut. Kelemahan dari pendekatan inkuiri apabila guru tidak melakukan bimbingan terarah dan bertanggung jawab maka akan terjadi kekacauan dalam pembelajaran. Oleh sebab itu, pada saat pembelajaran dengan menggunakan pendekatan inkuiri guru penting melakukan monitoring atau pengontrolan terhadap aktifitas siswa. [4]
















DAFTAR PUSTAKA

 Suharsimi Arikunto, Manajemen Pengajaran Secara Manusiawi, (Jakarta: Rineka Cipta, 1990)
Slameto, Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003)
Syaiful Bahri Djamarah, Psikologi Belajar, (Jakarta: Rineka Cipta, 2000)
Dimyati. Mujiono, Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: Rineka Cipta, 1994)
Yusuf, Motivasi Dalam Belajar, (Jakarta: P2LPTK, 2003)
Ahmad Sakir, Penerapan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Konsep Pesawat Sederhana. Unipersitas Pendidikan Indonesia dalam repository.upi.edu. 2012.




[1]  Ahmad Sakir, Penerapan Pendekatan Inkuiri Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Konsep Pesawat Sederhana. Unipersitas Pendidikan Indonesia dalam repository.upi.edu. 2012. Hal. 4.
[2]  Ibid. 6.
[3]  Ibid. 7.
[4]  Ibid. 8.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar